Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

     Terkadang kita sering sekali mengabaikan minum air putih, banyak orang yang masih meremehkan khasiat air putih, padahal air putih itu nutrisi yang paling penting bagi tubuh kita, karena air menempati 70 % komposisi tubuh manusia, sehingga masuk akal jika meminum air putih sangat penting bagi hidrasi dan pemeliharaan tubuh, termasuk kulit.

     Kondisi pencernaan yang kekurangan air, tentu tidaklah sehat. Makanan akan sulit dicerna, sisa makanan menumpuk, dan sulit dikeluarkan. Hasilnya, anda dapat mengalami sembelit, dan berujung pada wasir. Mulai sekarang, biasakan minum delapan gelas sehari.

    Lalu, manfaat apa sajakah yang akan kita peroleh jika kita meminum air putih bagi tubuh kita ? simak manfaat nya, berikut ini :

1. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh.
     Pada saat proses pencernan berlangsung, akan ada nutrisi yang akan di ambil oleh tubuh dan ada juga zat sisa yaitu racun yang harus di keluarkan oleh tubuh kita, Dengan minum air putih maka racun yang ada pada tubuh akan keluar, karena air putih dapat membatu keluarnya racun dalam tubuh.

2. Memelihara Fungsi Ginjal.
     Air dalam tubuh merupakan media untuk mentransportasikan sisa atau limbah sisa metabolisme dalam tubuh untuk keluar masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup air, urin akan mengalir bebas, jernih dan tidak berbau. Tetapi ketika tubuh tidak punya cukup air, konsentrasi urin, warna dan bau akan lebih terlihat karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh
     
     Tak heran apabila Kita minum sedikit air, resiko mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas, maka dari itu sebaik nya anda perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas perhari, karena fungsi ginjal itu sangat penting bagi tubuh kita, diantaranya adalah membuang racun racun dalam tubuh, karena saat ginjal menjalankan fungsinya membutuhkan air yang cukup.

3. Mampu Meningkatkan Ketajaman Otak.
     Dengan meminum air putih, dapat meningkatkan ketajaman otak kita, terbukti guru saya pernah bilang kesaya, "Nak perbanyaklah minum air putih di pagi hari, kalau kamu ingin pintar" dan beliau adalah guru saya waktu sd, beliau sangat jago matematika, pernah beliau mengerjakan soal perkalian 456x234 hanya membutuhkan waktu 5 detik, dan dia juga pernah bilang, apa yang beliau dengar dan baca, baik itu nama orang, pengertian, dll, beliau selalu ingat kapanpun, baik itu seminggu yang lalu, atau bahkan berbulan bulan yang lalu, berapa umur beliau sekarang ? sekitar 50 tahun keatas, sungguh luar biasa khasiat air putih ini.

     Menurut beberapa peniliti, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Otak sangat membutuhkan banyak sekali oksigen agar mampu berfungsi pada tingkat yang sangat optimal. Dengan minum air putih minimal 8-10 gelas per harinya maka kebutuhan yang dibutuhkan otak telah terpenuhi dan mampu bekerja secara optimal.

4. Menurunkan Berat Badan.
     Banyak orang yang belum tahu bahwa dengan meminum air putih 8 gelas perhari dapat menurunkan berat badan secara alami, karena dengan meminum air putih, maka lemak dalam tubuh akan berkurang, Dan terkadang kita terkecoh mengartikan rasa haus dengan perasaan ingin mengemil. Ketika ingin mengemil, coba minum segelas air putih, dan perasaan itu akan hilang, cobain deh.

5. Membuat Kulit Lebih Sehat, dan Sangat Baik Bagi Kecantikan.
     Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa air putih dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Nah, dengan terbebasnya tubuh dari racun-racun tersebut, kulit kita pun jadi tidak kusam, kulitpun jadi lebih sehat, lebih segar dan tidak kering, sehingga jadi lebih awet muda. Selain itu, dengan minum air putih yang teratur, dapat mengurangi jerawat pada kulit di wajah.

     Para peneliti lain pun sudah membuktikan bahwa air putih memiliki peran besar untuk menutrisi, melembabkan, dan membuat kulit lebih bercahaya serta mencegah penuaan dini. Selain fungsi hidrasi, air juga dibutuhkan tubuh untuk membantu membuang racun dan limbah dan secara signifikan membersihkan dan mencerahkan kulitmu. Maka, tidak ada alasan untuk tidak minum cukup air putih ya girls, setidaknya 6-8 gelas air putih setiap hari.

6. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi dan Mulut.
     Didalam rongga mulut terdapat air ludah yang berfungsi self cleansing dan mengandung pertahanan rongga mulut serta membantu memelihara flora normal dalam rongga mulut. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga setidaknya mengurangi resiko terkena penyakit gigi dan mulut walau pembersihan gigi adalah salah satu hal utama dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

7. Dapat Mengurangi Resiko Kanker.
     Terkait dengan sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa meminum air yang sehat termasuk air putih dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Air meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.

8. Air Putih Bermanfaat Untuk Melindungi Jantung.
      Orang yang sering sekali minum air putih biasanya akan terhindar dari yang namanya penyakit jantung. Selain itu, kebiasaan minum air putih juga akan menghindarkan dari penyakit kanker yang mungkin bisa saja menyerang anda kapan saja. Nah, bagi anda yang sebelumnya jarang sekali untuk minum air putih mulai sekarang dibiasakan untuk minum air putih demi kesehatan anda, minimal 8 gelas sehari.

9. Dapat Meredakan Sakit Kepala.
     Banyak orang yang sakit kepala lebih memilih membeli obat sakit kepala daripada minum air putih. Tidak bisa disalahkan, mungkin belum pada tau kalau air putih dapat meredakan sakit kepala. Biasanya, sakit kepala itu diakibatkan karena kelelahan atau dehidrasi. kalau anda kelelahan gak perlu minum minuman berenergi, cukup air putih aja. Sedangkan dehidrasi (kekurangan cairan pada tubuh), solusinya ya minum air putih juga.

     Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.

10. Dapat Mencegah Sembelit.
     Bagi yang memiliki masalah sembelit atau susah buang air besar, gak perlu susah-susah membeli obat sembelit. Cukup dengan minum air putih dengan teratur, sembelit pun bisa diatasi dan dicegah, karena yang menyebabkan sembelit muncul adalah tidak mencukupinya air dalam tubuh, jadi proses pencernaan tidak berjalan dengan baik.

   Air putih merupakan minuman yang paling baik dan juga menyehatkan bagi tubuh anda, Oleh karena itu yuk mari kita tingkatkan asupan air putih mulai dari sekarang juga !

0 Response to "Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung Di blog Pelajar21, silahkan berkomentar, atau baca baca artikel menarik lainnya.