Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

     Manfaat Jeruk Nipis - Jeruk Nipis atau bahasa latin nya Citrus Aurantifolia Swingle  adalah Buah yang berwarna hijau atau kuning ,berbentuk bulat kecil dan rasanya masam dan agak pahit lebih dikenal sebagai penghilang bau amis, atau campuran penyedap makanan dan minuman. Ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk Kesehatan, serta kecantikan kulit dan perawatan tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis
     Pada buah jeruk nipis banyak mengandung vitamin, diantaranya seperti vitamin C, vitamin B1, dan juga vitamin A. Oleh karena itu banyak orang yang memanfaatkan jeruk nipis ini sebagai obat, terutama yang sering kita dengar untuk obat batuk, padahal masih banyak loh manfaat lain nya.

     Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sangat penting dalam bidang pengobatan. Di kehidupan sehari-hari apabila anda terserang batuk, jeruk nipis adalah obat yang dianggap paling mujarab dibanding obat-obat lain yang mengandung bahan kimia. Selain banyak mangandung vitamin, jeruk nipis juga mengandung minyak limonene juga linalool yang bisa membersihkan piring sisa makanan yang berminyak. Itulah mengapa ada produk pembersih piring dengan salah satu bahannya adalah jeruk nipis, seperti sunligt.

 Nah jika anda belum tahu manfaat dari buah jeruk nipis ini, mari simak beragam manfaat nya, jika kita mengkonsumsi buah jeruk nipis ini :

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Obat Batuk.
    Batuk bukanlah hal sepele. Bila tidak segera diobati akan menjadi penyakit yang tentunya akan mengganggu aktivitas anda. Untuk mengobati batuk siapkan satu jeruk nipis cuci bersih lalu peras, kemudian campur dengan 1 sendok makan madu atau kecap dan sedikit garam, aduk merata dan siap untuk diminum. silahkan minumlah secara rutin ramuan tersebut, sampai batuk nya terasa sudah hilang.

2. Sebagai Obat Batu Ginjal.
    Batu ginjal dianggap sebagai salah satu penyakit berbahaya bagi sebagaian orang. Namun tidak perlu khawatir, jeruk nipis bisa dijadikan alternative untuk pengobatan tersebut. Caranya yaitu ambil  2 buah jeruk nipis, cuci bersih lalu campurkan dengan 2  gelas air hangat, minumlah sehabis makan malam. Lakukan setiap hari selama seminggu.

3. Untuk Menyehatkan dan Mencerahkan Kuku
    Jeruk nipis juga bisa di gunakan untuk manicure,  Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosokan air jeruk nipis pada kuku anda, maka kuku akan terlihat cemerlang.

4. Untuk Kesehatan Rambut
    Jika rambut Anda berminyak dan berketombe, cobalah ramuan dari jeruk nipis ini yaitu dengan mencampurkan air hangat dan air jeruk nipis, ramuan ini ampuh mengusir ketombe, menghaluskan rambut dan menjadikan rambut tidak cepat kotor.

    Sebagai penyubur pertumbuhan rambut, mengkilaukan rambut kusam dan menghitamkan rambut yang pirang, Caranya yaitu dengan memeras air jeruk nipis secukupnya, airnya di usapkan ke rambut dan di jemur di bawah sinar matahari selama 1 jam, atau jika anda merasa tidak mau, boleh memakai pengering rambut, lalu bilas dengan sampo hingga bersih maka rambut anda akan terlihat berkilau dan lebih sehat dari sebelum nya.

5. Untuk Mengobati Vertigo.
    Vertigo adalah suatu penyakit dimana kepala bagian belakang terasa sangat pusing, berat dan seperti berputar-putar, hingga tidak kuat untuk berdiri, karena saking pusing nya, Untuk mengobatinya lumatkan setengah jeruk nipis lalu campurkan dengan 1 sendok air perasan jeruk nipis, setelah itu gosokkan ke bagian tengkuk, bagian pelipis dan bagian dahi. Lakukan selama dua kali dalam sehari.

6. Untuk Mencegah Penyakit Diabetes.
    Kabar baik untuk anda yang menderita diabetes, pasalnya jeruk nipis merupakan salah satu super food bagi penderita diabetes. Seperti diberitakan oleh the american Diabetes Association, serat yang tinggi di dalam jeruk nipis dapat membantu melancarkan absorbsi gula ke dalam aliran darah. Selain itu, jeruk nipis juga diketahui memiliki kadar glycemic yang rendah sehingga kenaikan gula darah secara drastis dan tiba-tiba dapat dihindari.

7. Untuk Mengobati Gusi berdarah
    Gusi berdarah juga dapat diatasi dengan jeruk nipis. Gusi berdarah dan bengkak merupakan akibat dari kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, konsumsi jeruk nipis yang mengandung vitamin c yang tinggi dapat meringankan gusi yang sedang sakit, minumlah air hangat dengan dicampur air perasan jeruk nipis, selama beberapa hari, sampai gusi anda terasa membaik.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan :

1. Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat.
    Bagi sebagian orang jerawat diwajah sangatlah mengganggu penampilan. Untuk menghilangkan jerawat gunakan satu buah jeruk nipis, belah menjadi dua, lalu oleskan pada bagian jerawat.

2. Untuk Menurunkan Berat Badan.

     Kebanyakan orang yang bertubuh gemuk, merasa tidak percaya diri dalam berpenampilan. Maka, banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan supaya terlihat langsing atau seksi. Cara untuk melangsingkan badan yaitu peraslah jeruk nipis lalu campurkan air perasan tersebut dengan secangkir teh hijau. Minumlah setiap pagi dan sore.

3. Untuk Memutihkan Dan Menghaluskan Kulit Wajah.
    Dengan mengoleskan potongan jeruk nipis pada wajah Anda terutama di daerah hidung dan pipi dan kulit bagian tubuh lainnya, dapat mengecilkan pori-pori dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak. Untuk merapatkan pori-pori kulit, ambil buah jeruk nipis lalu belah menjadi dua, oleskan pada kulit wajah, biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.

    Jeruk nipis juga dapat menghilangkan noda hitam di wajah dan menghilangkan jerawat yang membandel. Dengan mencampurkan madu 1 sendok makan dan 1 sendok air jeruk nipis, Jadilah masker. Kemudian oleskan pada wajah hingga 10 menit, setelah 10 menit dibilas dengan air hangat, Kandungan Vitamin C dalam jeruk nipis ini membuat kulit menjadi putih halus, kencang, dan mencerahkan kulit. Dengan jeruk nipis kulit bisa menjadi lebih putih dan segar, itulah manfaat jeruk nipis untuk kecantikan.

    Nah itulah beragam manfaat dari buah jeruk nipis, sungguh luar biasa ciptaan Allah SWT, walaupun jeruk nipis ini bentuknya kecil tapi manfaat nya sangat banyak, semoga kita selalu bersyukur kepada Allah yang telah memberikan obat tradisional yang tidak kalah dengan obat kimia. semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan "

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung Di blog Pelajar21, silahkan berkomentar, atau baca baca artikel menarik lainnya.