Soal dan Jawaban UAS TIK Lengkap + Update

Soal dan jawaban UAS TIK, yap kali ini admin berbagi soal beserta jawabannya lengkap plus akan diupdate terus sampe sebanyak banyak nya hehehe, dari yang kelas smp 7, 8, 9, terus kelas smk 10, 11, dan 12 hingga ke jenjang perkuliahan yang biasanya ada di dalam mata kuliah PTI (Pengantar Teknologi Informasi).
Soal dan Jawaban UAS TIK SMK, SMP
Karena pada dasarnya pada pelajaran tik, kelas atau semester berapapun pelajaran yang dibahas tidak jauh beda, semuanya sama membahas semua pengetahuan tentang ilmu komputer dan dunia perkembangan teknologi informasi, mungkin hanya tingakatannya saja yang akan terus bertambah dan bertambah pada ilmu yang akan kita pelajari.

Berikut ini adalah sekumpulan soal essay yang admin share untuk kawan kawan semuanya pelajar indonesia, yang lagi uts, uas, maupun yang lagi quiz hehehe, untuk soal pg nya nanti admin akan update pada postingan selanjutnya.

Soal Essay Beserta Jawaban UAS TIK

1. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Windows I.O.T ?
Jawaban: Windows IOT, atau windows Internet Of Things adalah versi os windows 10 yang khusus dikembangkan untuk single board computer seperti Raspberry Pi, dapat bekerja dengan atau tanpa layar display.
 2.  Jelaskan Perbedaan Windows I.O.T dengan system Operasi Desktop lainnya ?
Jawaban: Perbedaan antara Windows I.O.T dengan Sistem Opersi Dekstop lainnya adalah terletak pada tujuannya kalau Sistem operasi dektop lainnya di peruntukan bagi para pengguna atau user biasa, kalau Windows I.O.T diperuntukan bagi para pembuat / pengembang teknologi informasi.
3. Sebutkan dan jelaskan 3 Aplikasi yang termasuk dalam R.D.B.M.S ?
Jawaban: RDBMS (Relational Database Management System) merupakan database yang didalamnya dapat terdiri dari banyak table, dimana masing-masing table mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri dan antara masing-masing table tersebut dapat dihubungkan dengan relationships pada field primary key dan foreign key nya. Contoh database yang menganut pola RDBMS adalah Microsoft Access, SQL Server,  MySQL, OpenOffice Base, dan Oracle. 
4. Jelaskan Perkembangan Teknologi Wireless 1G sampai 4G ?
Jawaban:
Generasi pertama (1G)
Pengembangan teknologi nirkabel ditandai dengan pengembangan sistem analog dengan kecepatan rendah (low speed) dan suara sebagai obyek utama. Dua contoh dari pengembangan teknologi nirkabel pada tahap pertama ini adalah NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).

Generasi kedua (2G)
Pengembangan teknologi nirkabel dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. Sebelum masuk ke pengembangan teknologi Generasi ketiga (3G), banyak pihak sering menyisipkan satu tahap pengembangan, Generasi 2,5 (2,5G) yaitu teknologi komunikasi data wireless secara digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang termasuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.

Generasi ketiga (3G)
Generasi digital kecepatan tinggi, yang mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.

Generasi Keempat (4G)
Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan  Client Server ?
Jawaban: Client-Server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.
Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tetapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end.
6. Sebutkan kelompok software dalam sistem komputer!
Jawaban: Software dapat dikelompokkan menjadi Operating System Software, Programming Language Software dan Application Program Software.
7. Jelaskan Kelebihan windows 10 ?
Jawaban:
Diurus Microsoft dengan tenaga penuh
Hal pertama yang menjadikan Windows 10 unggul dibanding versi Windows sebelumnya adalah bagaimana Microsoft memperlakukan OS ini, lebih daripada mereka memperlakukan OS Windows versi lainnya. Sebagai sistem operasi terbaru, sekaligus mengusung perubahan konsep menjadi Windows as a Service, mayoritas energi, tenaga, waktu, dan resource terbaik Microsoft dihabiskan untuk mengembangkan Windows 10. Jadi jangan heran jika kita mendapati perkembangan fitur Windows 10 sangat cepat dan terus mengikuti perubahan terbaru yang ada saat ini.

Kompatibel Di Semua Perangkat
Windows 10 tidak hanya kompatibel di komputer, notebook, dan netbook saja. Akan tetapi, sistem operasi terbaru ini juga bisa berjalan di smartphone atau tablet tertentu. Ini adalah terobosan baru dari Windows. Jadi, penggemar Windows tetap bisa mengandalkan sistem operasi ini di smartphone atau tablet yang mereka miliki.

Dilengkapi dengan Teknologi Virtual Dekstop
Ini adalah salah satu keunggulan dari Windows 10, karena teknologi yang satu ini belum dijumpai di sistem operasi lain. Virtual Dekstop adalah teknologi yang memampukan kita untuk membuat beberapa dekstop dengan tema dan tujuan yang berbeda. kita dapat berpindah desktop dengan cepat dan mudah. Di samping itu, teknologi ini juga memudahkan kita untuk mencari file dengan sangat cepat dan akurat.
8. Mengapa hardware dan software bisa bekerja sama dalam sebuah komputer ? Sementara dilihat dari  fisiknya software dan hardware bertolak belakang.
Jawaban: Karena hardware apabila tanpa software, maka yang terjadi adalah komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna dan tidak bisa berfungsi. Dalam arti tanpa adanya software, komputer tidak dapat dioperasikan. Karena software tercipta untuk menulis fungsionalitas pada komputer tersebut, sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungi untuk di operasikan.
9. Jelaskan Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop?
Jawaban: Netbook adalah yang memiliki ukuran layar antara 6-13 inci, kemudian Notebook yang memiliki ukuran 13.1-18 inchi, dan terakhir Laptop yang memiliki layar tebal dan ukuran lebih dari 18 inci ini dan tentunya juga lebih berat.
10. Mengapa sebuah software bisa berjalan harus dengan ram?
Jawaban: Karena software atau aplikasi membutuhkan penyimpanan data sementara dalam menjalankan tugasnya, Ram berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Ram bekerja dengan menyimpan & menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi saat kita membuka atau menjalan sebuah software / aplikasi.
11. Apa yang dimaksud dengan Peranti I/O (Device)?
Jawaban: Peranti I/O (Device) adalah Peralatan I/O yang terkoneksi ke komputer yang berupa komponen elektrik maupun mekanik yang memiliki ciri khas sesuai dengan fungsi dan teknologi yang digunakannya. contoh: monitor, keyboard, mouse, printer, scanner.
12. Apa yang dimaksud dengan Device Controller (Adapter)?
Jawaban: Device Controller (Adapter) adalah Antarmuka antara peranti I/O dengan sistem internal komputer yang berupa sirkuit digital yang berfungsi mengendalikan kerja komponen mekanik ataupun elektrik lainnya dari peranti I/O.
13. Apa yang dimaksud dengan Bus I/O?
Jawaban: Bus I/O Terdiri dari bus data, bus alamat dan bus kontrol yang berfungsi menghubungkan device controler dengan elemen internal komputer seperti prosessor dan memori utama. Ada juga bus I/O ekspansi seperti bus paralel, serial, PS2, USB untuk komunikasi dengan peranti movable.
14. On Going...

 Nah sekian postingan tentang soal dan jawaban uas tik semoga dapat bermanfaat untuk kawan kawan pelajar semuanya dan menambah pengetahuan tentang dunia komputer yang begitu luas hehehe. terimakasih 

0 Response to "Soal dan Jawaban UAS TIK Lengkap + Update"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung Di blog Pelajar21, silahkan berkomentar, atau baca baca artikel menarik lainnya.