Contoh Teks Prosedur Kompleks Bahasa Indonesia

 Contoh Teks Prosedur Kompleks Bahasa Indonesia - Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi tahap-tahap dan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan dan terdapat keterangan yang menjadikan teks prosedur tersebut kompleks.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Bahasa Indonesia
 Teks prosedur kompleks berbeda dengan teks prosedure biasa. jika teks prosedure biasa ada satu langkah yang tidak dikerjakan, tetap bisa mencapai tujuan, lain halnya dengan prosedure kompleks, langkah-langkah dalam prosedure kompleks harus dikerjakan, jika ada salah satu langkah yang tidak dikerjakan maka tidak akan tercapai tujuannya, misalnya prosedur cara membuat KTP, jika salah satu syarat tidak terpenuhi contohnya tidak ada kartu keluarga, maka KTP tidak akan jadi (tidak tercapai tujuannya).


 Teks prosedur komplek dibuat bertujuan untuk menunjukkan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Struktur teks prosedur kompleks :

 1. Tujuan : maksud yang ingin dicapai
 2. Langkah-langkah : susunan tata cara untuk mencapai tujuan

Namun ada dari beberapa sumber yang menyatakan bahwa struktur teks prosedur kompleks :
  1. Judul 
  2. Pendahuluan 
  3. Bahan/alat 
  4. Langkah-langkah

Contoh Teks Prosedur kompleks

Cara Menghidupkan Komputer

Cara Menghidupkan Komputer dengan baik dan benar
  Komputer merupakan kumpulan seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berfungsi untuk meringankan atau membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, efisien dan akurat, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu cara menghidupkan komputer. Bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar ? Berikut langkah-langkahnya :

1. Pastikan semua komponen-komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik.
2. Periksa keyboard, mouse dan monitor telah tersambung pada port yang benar
3. Tekan tombol power pada UPS dan stabilizer (jika ada), kemudian tekan tombol power pada monitor dan CPU, Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
4. Setelah proses booting selesai akan tampil dekstop  dan kursor pointing berbentuk anak panah menandakan proses booting sudah selesai dan komputer siap digunakan.

0 Response to "Contoh Teks Prosedur Kompleks Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung Di blog Pelajar21, silahkan berkomentar, atau baca baca artikel menarik lainnya.